Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab Gelar Pertemuan Dengan BPJS

POHUWTAO-Kepesertaan BPJS kesehatan bagi warga miskin terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato agar tetap berjalan atau aktif.

“Artinya, walaupun ada keterlambatan dalam pembayaran iuran dari pemerintah tidak berpengaruh pada kepesertaan tersebut,” kata Wakil Bupati Amin Haras saat menghadiri rapat pertemuan Pemkab Pohuwato dengan BPJS kesehatan Kamis (26/4/2019).

Wabup Amin yang didampingi Sekretaris Daerah Djoni Nento menjelaskan bahwa, kepesertaan BPJS kesehatan bagi warga miskin sudah berlangsung beberapa tahun kemarin. “Olehnya apabila ada masyarakat yang mau rujuk ke rumah sakit di luar Pohuwato bisa diantisipasi oleh BPJS kesehatan. Kemudian mengenai keterlambatan iuran tidak berpengaruh pada pengaktifan kartu BPJS,” tutur wabup.

Selain ditanggung oleh pemerintah daerah, ada pula warga miskin yang ditanggung oleh pemerintah pusat berupa JKN (jaminan kesehatan nasional) maupun pemerintah provinsi. Nah menghindari tumpang tindih kepesertaan, wabup meminta ada pendataan warga miskin by name by adress untuk mengetahui warga miskin yang telah ditanggung oleh pusat, provinsi serta daerah. Kepada BPJS pun, wabup meminta untuk mencocokkan data dengan dinas sosial.

“Sehingga bisa diketahui mana yang sudah memiliki kartu kepesertaan dan mana yang belum serta kepemilikan ganda. Dengan demikian maka masyarakat bisa mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah dan lancar serta tidak bermasalah,” pungkas Amin.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas