Pencegahan Stunting, Sekda Djoni: Perhatikan 3 Hal Ini

POHUWATO - Sekretaris Daerah Djoni Nento membuka sosialisasi materi dan Media Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Program Prioritas Nasional di Kabupaten Lokasi Stunting, Rabu (24/4/2019).

Sekda Djoni mengatakan, kegiatan ini merupakan program prioritas nasional. Dan terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting yaitu perbaikan pola makan, pola asuh serta sanitasi dan akses air bersih. "Untuk pola makan dipengaruhi oleh rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi serta seringkali tidak beragam. Sementara untuk pola asuh berupa kurang baik dalam praktek pemberian makanan bagi bayi dan balita serta pengaruh sanitasi dan air bersih yaitu rendahnya akses terhadap pelayanan kesehatan termasuk di dalamnya adalah akses sanitasi dan air bersih, mendekatkan anak pada resiko ancaman penyakit infeksi," jelas sekda.

 Sehingganya untuk mempercepat pencegahan stunting dalam kerangka kebijakan dan institusi yang ada sambung sekda, melalui lima tujuan khusus yaitu memastikan pencegahan stunting menjadi prioritas pemerintah dan masyarakat di semua tingkatan. Meningkatkan kesadaran publik dan perubahan prilaku masyarakat untuk mencegah stunting. Selanjutnya memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program dan kegiatan pusat, daerah dan desa. "Kemudian meningkatkan akses terhadap makanan bergizi dan mendorong ketahanan pangan serta meningkatkan pemantauan dan evaluasi sebagai dasar untuk memastikan pemberian layanan yang bermutu," pungkasnya.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas