Antisipasi Inflasi Jelang Ramadhan, Pemkab Gelar Pertemuan

POHUWATO-Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menggelar rapat tingkat pengambil kebijakan high level meeting TPID Kabupaten Pohuwato Kamis (25/4/2019) yang dipimpin oleh Wakil Bupati Amin Haras.

Menurut wabup, setiap tahun inflasi meningkat. Sehingganya perlu diantisipasi bersama. Mitra kerja dan OPD terkait diminta wabup fokus untuk menekan kebutuhan pokok menjelang ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi. "Karena kelangkaan atau kekurangan ini sudah menjadi fenomena yang senantiasa terjadi sehingga kita antisipasi sedini mungkin. Karena kalau inflasi meningkat, maka itu sangat terasa oleh daya beli masyarakat dan juga akan berpengaruh pada ekonomi rakyat. Oleh karena itu mulai dari bulog bagaimana ketersediaan stok beras untuk ramadhan ini. Kalau di Pohuwato saat ini musim panen, insya Allah tidak akan mempengaruhi terhadap inflasi dan ketersediaan pangan bisa teratasi," kata wabup.

Tetapi di sektor lain lanjut Amin, kebutuhan harian masyarakat perlu menjadi perhatian OPD terkait. Seperti Dinas Pertanian, Dinas Pangan, Dinas Perindagkop yang mulai saat ini harus bisa antisipasi kelonjakannya. Dengan cara mengupdate perkembangan harga di pasaran dan ketika terjadi lonjakan apa yang harus dilakukan. 

"Oleh karena itu kita harus memastikan bahwa apa kira-kira kekurangan di pasar ini. Misalnya yang sering terjadi berupa kekurangan cabe, bawang merah, bawang putih, ayam kampung. Sekarang saja harga ayam kampung mencapai Rp 100 ribu perekor. Ini saja belum bulan puasa. Maka bagaimana instansi terkait menyeriusinya, paling tidak kita harus kontak dengan dinas yang ada di daerah lain menanyakan bagaimana dengan harga ayam kampung di sana,” terang Amin.(*)


Reportee/foto : Iwan Karim-Humas