LKPJ Pemkab 2018 Diserahkan ke DPRD

POHUWATO-Dokumen LKPJ pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato untuk tahun 2018 telah diserahkan oleh Wakil Bupati Amin Haras kepada DPRD Pohuwato yang diterima oleh Ketua DPRD Nasir Giasi, Rabu (24/4/2019).

Dalam sidang paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Pohuwato itu, Wabup Amin menyampaikan sedikit soal capaian RKPD tahun 2018 berdasarkan sasaran makro pembangunan seperti kemiskinan, pengangguran, pertumbuhan eknomi dan IPM.

Untuk pengangguran misalnya, angka pengangguran berdasarkan data BPS Pohuwato bahwa tahun 2017 2,70 persen, naik dari angka sebelumnya sebesar 2,06 persen dari angkatan kerja. Angka tersebut masih terkendali karena masih melampaui target RKPD yang berada pada kisaran 4-3 persen dari angkatan kerja pada tahun yang sama. Walaupun melampaui target RPJMD, untuk para penganggur ini akan menjadi fokus pemerintah di tahun 2020.

“Dengan lebih awal di tahun ini melalui Dinas Nakertrans agar sudah membuat by name, by adress, by minat kepada mereka, agar sasarannya jelas dan intervensi pemerintah juga akan jelas sehingga bisa memberikan hasil maksimal kedepan," papar Wabup Amin.

Disamping itu, penyajian dokumen LKPJ ini telah disesuaikan dengan amanah Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang RPJMD tahun 2016-2021. Dimana setiap tahunnya target RPJMD tersebut diurai dalam rencana tahunan atau RKPD. Nah pada tahun 2018 tema RKPD adalah “Mendorong pencapaian kedaulatan pangan, pengembangan SDM dan infrastruktur,” pungkasnya. (*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas