Wabup Amin dan Sekda Djoni Pantau Ujian Nasional

POHUWATO - Ujian nasional tingkat SD dan SMP dipantau oleh Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras bersama Sekda Djoni Nento, Senin (22/4/2019).

Wabup Amin didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Fardan Karim menyerahkan naskah ujian di SDN 1 Buntulia kepada panitia pengawas, setelah itu berlanjut ke di SDN 1 Marisa. Sementara Sekda Djoni menyerahkan naskah ujian kepada panitia pengawas di SDN 09 Duhiadaa.

Ada dua aspek yang perlu diingat yakni bagaimana serapan dari adik-adik dan juga sejauh mana bapak ibu guru mampu untuk mentransfer ilmu kepada anak-anak ini. Sehingga nanti akan tergambar semuanya dari hasil ujian ini," ujar wabup.

Wabup pun berharap kepada para pengawas, agar ujian ini dilaksanakan sesuai prosedur dan standar yang diatur. "Artinya, kita jaga citra penyelenggaraan ujian di daerah ini dan berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak baik dan anak-anak didik kita doakan bisa lulus semuanya," ucap Amin.

Harapan yang sama juga disampaikan oleh Djoni Nento. "Ujian ini tidak saja menguji anak-anak didik tetapi juga menguji para pendidik yakni ibu dan bapak guru. Artinya kalau adik-adik ini berhasil berarti bapak dan ibu guru berhasil mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak didiknya," kata sekda yang kemudian melanjutkan pemantauan UNBK di SMP 1 Marisa, SMP 1 Buntulia dan SMP 1 Duhiadaa.

Kadis Pendidikan Rudi Daenunu melaporkan, jumlah siswa SD yang mengikuti USBN sekitar 2.607 siswa dari 127 sekolah. Untuk USBN ini akan digelar dari 22 April sampai 24 April 2019 dan ujian sekolah (US) 25 sampai 27 April.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas