485 Anggota BPD Ikut Pelatihan, Ini Harapan Wabup Amin

POHUWATO - Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras membuka kegiatan pelatihan 485 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hasil pemilihan langsung periode 2018-2024, Selasa (23/4/2019).

Amin Haras mengatakan bahwa BPD itu merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa. BPD dapat dianggap sebagai parlemen yang ada di desa. "BPD adalah lembaga permusyawaratan desa yang berfungsi sebagai lembaga legislasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa," jelas wabup

Nah, menurut Amin peran dari BPD inilah yang sangat diharapkan terutama memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat miskin yang ada di dusun atau di wilayah masing-masing ketika ada penyusunan APBDes. "Karena bapak dan ibu dipercayakan oleh masyarakat duduk di BPD yang artinya sudah menguasai permasalahan yang ada di wilayah itu. Contoh berupa di dusun itu membutuhkan drainase skala kecil maka usulan itu masukkan ke Kades sehingga dapat di anggarkan pada RKPDes. Demikian juga dengan kebutuhan lainnya yang ada di masing-masing wilayah," ungkap wabup.

Sebelumnya Kadis PMD Tasrief Haras melaporkan, kegiatan yang bertujuan memberikan pemahaman awal mengenai hak, kewenangan dan fungsi BPD itu berlangsung selama 5 hari dari 23-29 April 2019 yang secara bertahap diikuti oleh 485 BPD dari 69 desa di 13 Kecamatan.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas