Jerman Pilih Mangrove Pohuwato Lokasi Survey Litbang Pelestarian lingkungan dan PM

POHUWATO-Kabupaten Pohuwato menjadi salah satu dari Tujuh Kabupaten se-Indonesia yang disurvey oleh Kreditanstalt Fur Wiederaufbau (KfW) atau Lembaga Kredit untuk Rekonstruksi, Jerman.

Lembaga yang konsen ke Pelestarian Lingkungan bersama beberapa konsultan yang di fasilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Penelitian Pengembangan (Litbang) dan juga didampingi Ketua Pokja Mangrove Provinsi Rahman Dako beserta rekan-rekan bertemu langsung dengan Bupati Syarif Mbuinga di Desa Siduwonge Kecamatan Randangan (14/4), akhir pecan lalu.

Dalam pertemuan tersebut dimana Lembaga yang fokus pada recovery mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir termasuk nelayan melakukan survei di Kabupaten Pohuwato untuk menjadi lokasi penelitian pengembangan terkait pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat (PM) di sekitarnya.

Bupati Syarif Mbuinga sangat merespon dan sangat mengapresiasi apa yang menjadi tujuan dari WfK bersama Litbang KLHK. Dan berharap Kabupaten Pohuwato menjadi salah satu bagian dari pilot Litbang KLHK. “Tentu dukungan dari semua pihak pun sangat diharapkan dan mudah-mudahan Pohuwato akan terpilih,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Baperlitbang Irfan Saleh menerima tim tersebut di Desa Bulili Kecamatan Duhiadaa. Mereka bertemu dengan beberapa masyarakat, tokoh-tokoh lingkungan dan mereka menanyakan berbagai hal terutama terkait masalah atau tindakan apa saja selama ini yang sudah Pemerintah lakukan dalam upaya pelestarian dan pengelolaan Mangrove.

“Dari 7 itu akan di pilih 4 Kabupaten yang menjadi kriteria yang tentu kriteria yang mereka kehendaki. Kita berharap semoga Pohuwato akan terpilih,”ujarnya.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas