Kepala BPN Pohuwato yang Baru Sowan ke Pemkab

POHUWATO-Kepala BPN (Badan Pertanahan Nasional) Pohuwato yang baru, Lindaryam Jahja Selasa (9/4/2019), berkunjung ke kantor Bupati Pohuwato yang diterima oleh Wakil Bupati Amin Haras di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut, salah satunya ikut membahas program pensertifikatan tanah 10 ribu bidang ditahun 2019 ini. Dengan adanya program ini, ditargetkan 7.300 sertifikat akan diberikan kepada masyarakat Pohuwato.

Evaluasi saat ini baru beberapa yang mengurus. Padahal BPN sudah melakukan pengukuran. Hanya saja masyarakat belum melengkapi berkas yang dipersyaratkan.

Contohnya di Desa Taluduyunu target 462 sertifikat, yang memasukkan berkas sampai saat ini baru 50 an.

"Kita sangat bersyukur bahwa ada program dari pemerintah pusat untuk pensertifikatan tanah bagi warga masyarakat dengan pengurusan gratis, hanya pajak BPHTB atau retribusinya yang dibayar. Tetapi untuk proses pengukuran, pensertifikatan tidak ada biaya tergantung bagaimana kemauan dari masyarakat dengan adanya program ini," terang Amin.

Dia berharap, kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dengan cara memenuhi semua persyaratan yang diberikan BPN. (*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas