Bupati Syarif Panen Raya Bersama Petani, Metode Turiman Berhasil

POHUWATO - Bupati Syarif Mbuinga bersama unsur Forkopimda dan petani melakukan panen raya Tumpang Sari Tanaman (Turiman) jagung-padi di Desa Dulomo Kecamatan Patilanggio, Jumat (22/3/2019) yang ditanam pada November tahun kemarin.

"Tahun lalu sama-sama kita laksanakan penanaman. Saat ini telah dilakukan panen yang alhamdulillah Turiman di Patilanggio berhasil. Khusus untuk jagung 1 hektare telah menghasilkan 9 ton, tentu ini adalah suatu inspirasi bagi petani yang ada di luar Patilanggio untuk bagaimana bisa menerapkan program turiman ini. Terus terang saya merasa senang karena program Turiman ini bisa berhasil. Mari sama-sama kita jalankan program ini," ujar Syarif berharap.

Dan secara khusus, Bupati Syarif mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh dan mantri tani yang terus mengawal penanaman menggunakan metode turiman. "Kerja keras bapak dan ibu program ini bisa berhasil , sehingga rasa syukur yang mendalam atas kerja keras ini. Demikian pula dengan tanaman padi diharapkan pula demikian. Karena apa yang kita tanam memberikan manfaat yang baik meski kita akui varietas padinya masih perlu ditingkatkan lagi, dicarikan varietas yang baik yang cocok dengan tanaman yang ada dan pastikan lahan yang cocok untuk turiman ini," jelas Syarif.

Plt Kadis Pertanian Ikbar AT. Salam didampingi Kabid Tanaman Pangan Mery Maku menjelaskan, hasil dari panen Turiman jagung-padi yakni untuk jagung 1 hektarenya mencapai 9 ton sementara padi 1,9 ton perhektare. Program ini melalui hasil ubinan yang dilakukan oleh Bidang Tanaman Pangan dan Penyuluhan.(*)


Reporter/foto : Abd Razak Supu-Humas