Satpol PP Tertibkan Puluhan Hewan Lepas

POHUWATO—Selasa (19/3) Dinas Polisi Pamong Praja Kabupaten Pohuwato kembali berhasil menertibkan 57 ekor hewan lepas yang berada di sejumlah lokasi di Kecamatan Marisa dan Buntulia.

Berdasarkan pantauan awak media Portal Pohuwato yang ikut langsung pada razia yang dilakukan dari pagi hingga sore hari, Puluhan hewan ternak tersebut paling banyak ditertibkan di wilayah Desa Pohuwato dan Pohuwato Timur. Tidak tanggung-tanggung, hewan ternak ini di tangkap di kawasan vital seperti Destinasi Wisata Pantai Pohon Cinta dan Jalan Trans Sulawesi.

“Razia ini akan terus kami lakukan sebagai bentuk penegakan Peraturan Daerah. Sudah saatnya masyarakat paham akan pentingnya menjaga hewan ternaknya. Bukan justru dilepas liar sembarangan. Ini sangat mengganggu msayarakat lain seperti pengguna jalan. Tentu sangat mebahayakan,” jelas Kasi Perda Dinas Pol PP Pohuwato, Wisnu T. Abdullah.

Ia juga menambahkan, kedepan bukan hanya Perda Hewan Lepas saja yang ditegakan, akan tetapi semua Perda yang sudah dibentuk oleh Pemerintah Daerah. “Sudah saatnya penegakan Perda di Pohuwato harus segera dilaksanakan. Meskipun diakui banyak keterbatasan yang kami miliki. Tidak ada pilihan, ketika itu adalah sebuah aturan maka harus ditegakan tanpa pandang bulu,” Tegas Wisnu.

Adapun besaran denda yang harus dikeluarkan oleh masyarakat pemilik hewan yang ditertibkan yakni, 150 ribu Rupiah untuk Kambing dan 250 ribu Rupiah untuk Sapi. (*)



Reporter / Photo : Alan Portal