Bersiap, PUSPA Pohuwato Segera Dibentuk

POHUWATO—Diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang organisasi dan lembaga, kegiatan Advokasi Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan  Perempuan Dan Anak (PUSPA) dilangsungkan di Hotel Golden Sri Pohuwato, Selasa (19/3).

Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Provinsi Gorontalo, kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pohuwato, Toni Mopangga. “Kami selaku Pemerintah Daerah sangat menyambut baik kegiatan ini. kedepan kami berharap agar kegiatan ini dapat memberikan output kongkrit terhadap masyarakat. Menginggat tingkat kekerasan perempuan dan anak di Pohuwato terus mengalami peningkatan” Jelas Toni.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Dinsos & P3A Provinsi Gorontalo Drs. Risjon Kujiman Sunge M.Si dalam penyampainnya berharap agar di Kabupaten Pohuwato segera dibentuk Forum PUSPA. “Kami berharap Forum PUSPA segera dibentuk di Pohuwato. Berapapun anggarannya akan kami akomodir. Saya berharap melalui forum ini dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi brilliant guna meminimalisir angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Gorontalo serta Pohuwato khususnya,” Harapnya.

Dihubungi Via telephone usai kegiatan, Pemerhati Perempuan dan Anak sekaligus mantan Kepala Dinas P3AKB Pohuwato Rusmiyati Pakaya menyampaikan bahwa sudah saatnya hak-hak perempuan dan anak terpenuhi. “Perempuan dan Anak sejatinya dilindungi oleh undang-undang. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, akan tetapi dapat sesegera mungkin diwujudkan melalui Dinas Tekhnis terkait. Saya pikir Pemerintah Daerah pasti sangat mensuport hal ini,” Tegasnya.

PUSPA sendiri ialah program fundamental yang dilakukan Kementerian PPPA untuk menyatukan visi dan misi lembaga-lembaga terkait demi kesejahteraan perempuan dan anak di Indonesia. Tujuannya yaitu untuk memperkenalkan Program Unggulan Three Ends (Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Akhiri Perdagangan Manusia, Akhiri Kesenjangan Ekonomi terhadap perempuan), Mengalang dukungan lembaga masyarakat, Membangun sinergi antara Kementerian PPPA, lembaga masyarakat, dunia usaha dan media pada level Daerah untuk percepatan dan efektifitas mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak Indonesia. (*)


Reporter / Photo : Alan Portal