Wujudkan Good Governance, Pemkab Pohuwato Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

POHUWATO-Pemerintah Kabupaten Pohuwato meluncurkan berbagai program dan mengarah pada pemerintahan berbasis elektronik (Pohuwato goes to digital) tidak terlepas dukungan dari ketersediaan teknologi informasi yang memadai. Ini disampaikan Wakil Bupati Amin Haras ketika membuka kegiatan asistensi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018, Coaching Clinic Sakip 2018 dan Finalisasi Penginputan E-Monep Tahun 2019 di Hotel Orchardz Industri, Jakarta Selasa (5/3/2019).

"Karena dengan kemajuan teknologi tersebut membuka keran seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat mengakses layanan pemerintah daerah yang berhubungan dengan pelayanan publik," kata Amin Haras.

Dijelaskan Wabup bahwa E-Monep merupakan aplikasi monitoring, evaluasi dan pelaporan yang berbasis elektronik. Aplikasi tersebut sangat berperan penting dalam proses evaluasi, monitoring serta pelaporan target realisasi baik itu fisik maupun keuangan yang transparan dan akuntabel serta dapat dipantau secara online melalui jaringan situs daerah oleh seluruh masyarakat.

"Proses penginputan E-Monep tidak lepas dari peran penting para operator E-Monep di masing-masing OPD yang selalu berkomitmen penuh dalam progress tersebut dengan melakukan update aplikasi. Implementasi sistem informasi diharapkan mampu mendongkrak efisiensi dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan bermuara pada terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance). Wujud dari keseriusan pemerintah daerah adalah dengan menerapkan aplikasi antara lain E-Protrack, Simda Keuangan, E-LPPD, Siskeudes untuk Desa, Simpeg, E-Budgeting, E-Planning dan E-Monep," jelas wabup.

Kegiatan finalisasi penginputan E-Monep tahun 2019 ini kata Kabag Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Sunu Hadi Suhandoko menghadirkan narasumber dari Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) Provinsi Gorontalo yakni Albert Kiraman dan Arsad Abas.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas