Gubernur Resmikan B’Maleo Conservation dan Development Learning Centre

POHUWATO–Gubernur Gorontalo Rusli HAbibie meresmikan Pusat Pengembangan Ekonomi dan Pelestarian Terpadu Bentang Alam Popayato-Paguat (B’Maleo Conservation dan Development Learning Centre), Kamis (8/11).

Di hadapan ratusan warga yang turut hadir, Gubernur Rusli Habibie meminta kepada pihak burung Indonesia Gorontalo agar satwa liar khususnya burung, terus dilakukan pengawasan berkelanjutan untuk tetap menjaga kelestarian burung itu sendiri.

“Saya meminta kepada pihak Burung Indonesia Gorontalo agar kegiatan pelestarian satwa khususnya burung terus dijaga,” pintanya.

Tak hanya itu, dia juga meminta kegiatan ini jangan berhenti sampai disini saja, tapi harus ada langkah kongkrit. Jika diperlukan, maka Pemerintah akan membuat kebun raya.

Sementara itu, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Burung Indonesia sangat berperan penting untuk Gorontalo khususnya Pohuwato.

“Burung memiliki hubungan penting bagi kehidupan masyarakat khususnya menyangkut perekonomian dan pelestarian alam. Semoga kedepan, bersama dengan Pemerintah, kerjasama berkelanjutan akan terus ditingkatkan,” ungkap Syarif.

Pada acara yang digelar bersama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah II Gorontalo ini, Gubernur Gorontalo bersama dengan Bupati Pohuwato melakukan penendatanganan prasasti peresmian B’Maleo yang disaksikan oleh Ketua Dewan Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia Prof.

Dr. Ir. Ani Mardistuti, M.Sc, Direktur Eksekutif Burung Indonesia Dian Agista, Program Manager Burung Indonesia Amsurya Warman Amsa, perwakilan para pemangku kebijakan, instansi terkait, anggota Provincial Steering Committee, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, organisasi penggiat lingkungan, masyarakat di enam desa dampingan Burung Indonesia Program Gorontalo, dan masyarakat di sekitar pondok kerja.

Disela-sela kegiatan ini, juga dilakukan penyerahan Sertifikat pelatihan pengembangan komoditas desa kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan tentang peternakan yang terintegrasi kakao oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, serta penyerahan 4 unit bangunan pusat pembelajaran pertanian masyarakat oleh Ketua Dewan Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia Prof. Dr. Ir. Ani Mardistuti, M.Sc, yang didampingi Kepala Baperlitbang Pohuwato Irfan Saleh.(*)