Forkopimda Bina 83 Calon Kepala Desa

POHUWATO-Sebanyak 83 Calon Kepala Desa Senin (29/10) serentak mengikuti, pembinaan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Para calon Kades dari 25 Desa yang akan menggelar Pilkades serentak November mendatang ini, diberi arahan oleh Wakapolres Pohuwato Kompol Vondy Mawitjere, Bupati Syarif Mbuinga dan Kepala Kejaksaan Marisa M Khaidir. Turut hadir, Wakil Bupati Amin Haras, unsur Pengadilan Agama Marisa, para Asisten dan sejumlah Pimpinan OPD.

Sebut saja Wakapolres Kompol Vondy, yang meminta kepada para Calon agar bersaing secara sehat. Artinya, situasi Kamtibmas di masyarakat tingkat bawah tentu tergantung kompetisi masing-masing calon. “kalau seluruh calon sepakat bersaing dengan sehat, maka dipastikan situasi akan aman dan terkendali,”paparnya sembari menitipkan pesan, agar para calon mempersiapkan mental dalam bersaing nanti.

Di sesi kedua, Bupati Syarif Mbuinga dalam arahanya menegaskan bahwa, dia sudah melakukan kunjungan lapangan di Desa yang akan menggelar pesta demokrasi ini. Kesimpulanya, semua sudah berjalan sesuai dengan tahapan.

“Hanya saja, untuk lebih memperkuat pemerintah berinisiatif mengundang lagi  secara khusus para calon untuk diberikan arahan dan stressing oleh Forkopimda,”tuturnya.

Banyak hal yang ditekankan oleh Bupati Syarif pada pertemuan tersebut. Diantaranya adalah memberikan pemahaman kepada para calon, dalam kompetisi itu ada yang kalah dan ada juga yang menang. Inilah yang harus ditanamkan agar, apapun hasilnya semua pihak menerima dengan lapang dada.

“Memang kompetisi tidak akan bisa dihindari. Namun demikian, saya meminta tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Karena bagi kita semua, persaudaraan yang utama,”pungkasnya penuh harap.

Hal senada juga disampaikan oleh Kajari Marisa M Khaidir. Dia juga menekankan soal situasi dan kompetisi yang sehat dari masing-masing calon. (*)


Reporter/foto : Abd Razak Supu-Humas

Editor : Usman Hadis Bay-Humas