Wabup Amin Minta Pemdes Perhatikan Ketersediaan Jamban Sehat

POHUWATO-Wakil Bupati Amin Haras ikut menyerahkan bantuan rumah komunal dan jamban keluarga kepada warga miskin di Desa Kelapa Lima Kecamatan Popayato Timur, saat pencanangan Kampung KB.

Program Pemerintah Desa Kelapa Lima itu pun mendapatkan dukungan penuh dari Wabup Amin. Menurut Amin, program yang dilaksanakan oleh Pemdes Kelapa Lima sangat menyentuh kehidupan warga miskin.

"Langkah seperti ini perlu ditiru terutama bagi desa-desa lainnya. Setiap desa memiliki APBDes sehingga bagaimana anggaran yang setiap tahun bertambah ini bisa mengcover kebutuhan masyarakat yang ada secara bertahap,”terangnya.

Kalau jamban 10 unit setiap tahun, maka lama kelamaan seluruh masyarkaat sudah tercover 100 persen sanitasinya. “Kberadaaan jamban merupakan salah satu aspek untuk kesehatan. Demikian juga dengan rumah komunal ini yang secara bertahap makin bertambah," ungkap Amin.

Sementara itu, Kades Kelapa Lima Yakop Balaati menyampaikan, untuk bantuan jamban ada 10 unit dan rumah komunal 3 unit. "Bantuan seperti ini sudah tiga tahun dijalankan setelah saya menjadi Kades di Desa Kelapa Lima," jelasnya. (*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas

Editor : Usman Hadis Bay-Humas