Bulangita Dicanangkan Sebagai Kampung KB

POHUWATO-Desa Bulangita Kecamatan Marisa dicanangkan oleh pemerintah daerah sebagai Kampung KB Rabu (19/9). Pencanangan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Djoni Nento, Ketua TP PKK kabupaten Jeanette Dewi Mbuinga Kilapong bersama sejumlah pejabat dan warga Desa Bulangita. 

Bupati Syarif Mbuinga yang diwakili Sekda Djoni berharap Kampung KB tidak hanya dilaksanakan secara seremonial. Namun yang paling penting adalah kesinambungan dari kegiatan tersebut. "Ini perlu ditindaklanjuti oleh dinas teknis dan dinas terkait apa yang termaktub maupun yang masuk lingkup di dalam Kampung KB,ā€¯tegasnya.

Kesiapan pemerintah desa juga penting karena ini pencanangan dimana Desa Bulangita sebagai pilot project di kecamatan dan diikuti oleh Desa.

Diakui, personil di isntansi penanggung jawab sangat terbatas. Namun ini tidak menjadikan semangat lentur. "kekurangan personil di isntansi terkait ini jangan menjadi kendala melainkan menjadi tantangan dan peluang untuk kita kembali menata bagaimana program KB di desa dan kecamatan se Kabupaten Pohuwato," jelasnya.

Kepala DP3AP2KB Pohuwato, Toni Mopangga dalam laporannya bahwa Kampung KB begitu penting untuk membangun satu desa sehingga bisa setara dengan desa-desa yang sudah maju dan berkembang serta dalam rangka membangun generasi emas di Kabupaten Pohuwato. 

"Banyak kegiatan program yang bermitra dengan lintas sektor yang perlu kita dorong di dalam kampung KB itu sendiri. Hal yang paling penting di kampung KB ini adalah bisa mewujudkan generasi emas di tahun 2045. ini sudah tahun ke 3 dan Alhamdulillah di Gorontalo, Pohuwato merupakan daerah yang sudah lebih dahulu menjadwalkan program kampung KB," kata Toni. (*)


Reporter : Iwan Karim-Humas 

Foto : Abd Razak Supu-Humas 

Editor : Usman Hadis Bay-Humas